Review My Grandmother Asked Me To Tell You She's Sorry



Judul Buku   : My Grandmother Asked Me To Tell You She's Sorry
Penulis         : Fredrick Backman


Blogku kali ini akan membahas tentang salah satu buku yang mengubah hidupku. Buku ini menurutku sangat bagus dan buku ini banyak sekali mengandung pesan - pesan moral baik bagi para pembaca anak - anak bahkan bagi pembaca dewasa. Ketika itu aku memang sudah melihatnya di toko buku online. Membaca keterangan tentang isi ringkasan buku yang sebenarnya sangat menarik yaitu anak yang suka di bully di sekolahnya. Tapi, nyatanya aku ketika itu berjalan - jalan di toko buku gramedia dan melihat buku ini.Yang ternyata hanya tinggal satu saja.

Buku ini menceritakan tentang Elsa dan neneknya yang nyentrik. Hal yang membuat aku sedih ketika nenek Elsa meninggal padahal Elsa sangat membutuhkan neneknya. Karena kepada neneknya lah Elsa dapat bercerita sepuasnya apa yang di alaminya di sekolah dan apa yang dirasakan oleh Elsa tentang hubungannya dengan mama dan ayah tirinya tersebut. Tapi, jangan khawatir di akhir cerita happy ending kok.Malah, si Elsa sayang sekali dengan Mama, Ayah tirinya dan juga adik barunya.

Selain aku sangat menyukai buku ini, buku ini juga mengubah cara pandangku terhadap anak -anak. Yah, karena tokoh utama kita anak - anak yang suka di bully namun nyatanya Elsa adalah anak yang pintar dan kuat. Apalagi peran nenek yang ketika itu masih hidup selalu menghibur Elsa yaitu dengan cara berbuat konyol sampai - sampai mereka berdua harus di bawa ke kantor polisi supaya kejadian pembullyan yang di alami oleh Elsa terlupakan dan digantikan dengan tingkah konyol si nenek. Yah, aku suka dengan cara nenek Elsa tersebut yang menggunakan cara unik dan lucu serta konyol untuk membuat Elsa bisa melupakan kesedihan yang di alami oleh Elsa di sekolah. Nenek juga ingin membuat Elsa menjadi anak - anak seutuhnya tanpa membatasi kelebihan yang dimiliki Elsa sehingga nenek bercerita tentang negeri khayalan dan kisah - kisah yang ada didalamnya.

Aku merekomendasikan buku ini, karena :


  1. Buku ini layak di baca karena untuk buku lokal ( Indonesia ) sangat jarang aku menemukan buku yang membahas tentang anak - anak dan masalah yang dihadapinya. Selalu cerita tentang kisah anak- anak ataupun dongeng anak - anak. Aku mendapati banyak sekali buku - buku impor ( berbahasa inggris ) yang menceritakan tentang anak - anak yang mengalami masalah seperti bully, masalah orang tua (brokenhome ), kisah anak yatim piatu, bahkan anak - anak yang sudah mengenal dirinya homo dan lesbi. Tuhkan, sekarang aku lagi giat-giatnya nih mau baca buku anak - anak dengan isi ceritanya tentang masalah yang serius. Aku menilai novel Indonesia selalu bercerita tentang romance, romance dan romance. 
  1. Buku ini juga memberitahukan aku bahwa kita jangan menilai orang dari luar. Seperti Elsa yang sangat tidak menyukai tetangga sebelah rumahnya Brit-Marie. Namun, ketika Elsa tahu latar belakang masalah yang di alami Brit -Marie , Elsa mengerti bahwa apa yang terjadi di sekitarnya saling terhubung satu dengan yang lain.
  1. Nenek Elsa adalah seorang pahlawan sesungguhnya tidak hanya bagi Elsa tetapi bagi semua orang yang diselamatkannya . Cukup satu orang yang dapat mengubahmu menjadi orang yang besar dan berguna. 

Dan, inilah misi Elsa 



Ada potongan dari cerita yang buat aku makin suka buku ini , jadi semangat deh untuk menggapai cita - cita buat yang lagi patah semangat. Aku acungi jempol buat nenek Elsa, Elsa dan semua karakter yang di dalam buku ini. Sumpah buku ini keren abis.






Aku sangat menyukai buku ini.
Salam dariku, 

H.M

Comments

Popular posts from this blog

Review Buku The Trials Of Apollo# I, The Hidden Oracle Karya Rick Riordan

Review Buku Salt To The Sea Karya Ruta Sepetys

Review Buku A Court Of Thorns And Roses By Sarah J. Maas