Cara Mengatasi Reading Slump

mmhhmm!

Kegiatan yang dilakukan setiap hari memang terkadang membuat kita mengalami kebosanan. Namun, hal itu terjadi karena kita terpaksa melakukannya atau suatu kondisi dimana kita sedang tidak mood untuk melakukannya.Misalnya adalah kegiatan makan yang adalah kegiatan rutin yang harus kita lakukan karena memang kita sebagai manusia harus rutin makan tiga kali sehari.Jika tidak demikian maka tubuh kita akan mengalami penurunan energi dan bahkan dapat merusak lambung kita. Adalagi misalnya kegiatan rutin yang sering kita lakukan yaitu mandi. Jika kita bosan untuk mandi tiga kali dalam sehari maka akan membuat seluruh tubuh akan bau dan kamu akan merasa gatal -gatal dan tubuh akan di penuhi penyakit kulit. Karena kegiatan -kegiatan tersebut memang kegiatan yang rutin yang memang harus dilakukan sehingga membuat kita tidak akan merasa bosan. 

Jadi, jika kamu terkena reading slump, saya merasa bahwa karena kamu merasa bosan membaca dan ingin beristirahat sebentar. Banyak yang mengatakan kepada saya bahwa jika terkena reading slump alasannya karena selesai membaca buku bagus jadi kesannya belum hilang sehingga ketika kamu membaca buku yang lain, kamu merasa belum bisa move on dari cerita dari buku bagus yang kamu baca tersebut.

D'you ever find yourself . . . just not reading? For weeks? Or months? Maybe years?I have gone through long-term reading slumps that have made me ashamed even to keep calling myself a reader. I ca

Saya pernah mengalami reading slump atau kebuntuan dalam membaca dikarenakan sesudah saya membaca buku City of Bones dan City Of Glass karya Cassandra Clare membuat saya malas membaca selama 6 bulan saking kecewa dengan bukunya. Yah, buku ini adalah buku populer dan banyak yang bilang merupakan buku bagus dengan jalan cerita yang bagus pula.Namun, saya selalu tidak pernah berjodoh jika membaca buku yang populer.Selalu dan saya pun tidak tahu kenapa hal itu bisa terjadi.

Menurut saya buku City of bones dan City of glass adalah cerita fantasi yang memuat kesan terlalu dewasa padahal buku ini menceritakan tentang anak - anak remaja tanggung. Saya mendapatkan kesan bahwa buku ini bukan buku fantasi tetapi buku romance. Yang kamu tahu saya tidak suka buku dengan plot romance, saya suka jika jalan ceritanya tetap ada unsur romance tetapi tidak menghilangkan unsur fantasi yang merupakan unsur utama dari cerita tersebut. Saya berusaha untuk membaca buku - buku yang saya miliki namun saya langsung cepat mengantuk dan buku yang saya baca tidak bisa saya pahami sama sekali. 

what usually going on inside my head

Dan akan saya jelaskan hal - hal yang membuat saya bisa terkena reading slump :
1. Saya terlalu lelah membaca sehingga saya merasa mudah merasa bosan.
2. Buku yang saya baca jalan ceritanya tidak sesuai dengan yang saya harapkan.
3. Saya tidak suka membaca buku yang plotnya lamban dari awal sampai akhir.
4. Jalan cerita yang terkesan terlalu dipaksain untuk berakhir.

Cara Mengatasi Reading Slump versi saya :
1. Beristirahat sejenak selama minimal 2 minggu atau paling lama 1 bulan. Atau tergantung berapa lama rasa lelahmu dan bosanmu hilang.
2. Cobalah selama kamu beristirahat kamu bisa sambil membaca dan tidak perlu sampai ber bab-bab. Cukuplah hanya 1 lembar dan kamu membiasakan untuk meningkatkan lembaran yang kamu baca tersebut hari demi hari sehingga kamu bisa kembali semangat membaca.
3. Usahakan membiasakan membaca sebagai kegiatan rutin yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatanmu sehari -hari sehingga kamu bisa terbiasa untuk membaca dan tidak menganggap membaca itu adalah suatu kegiatan yang memberatkan.
4. Bisa sambil menonton TV kamu bisa membaca. Saya sering melakukan hal ini yakni ketika saya lelah menonton saya tidur-tiduran sebentar di tempat tidur dan saya memiliki kebiasaan meletakkan buku sehingga sambil istirahat saya bisa menghilangkan rasa lelah saya dengan membaca. 

Library cat

Ingatlah membaca itu bukan kegiatan yang dipaksakan untuk dikerjakan.Tetapi jadikanlah membaca kegiatan rutin kamu yang tidak bisa kamu hilangkan sama seperti aktifitasmu sehari - hari.


Comments

Popular posts from this blog

Review Buku The Trials Of Apollo# I, The Hidden Oracle Karya Rick Riordan

Review Buku Salt To The Sea Karya Ruta Sepetys

Review Buku A Court Of Thorns And Roses By Sarah J. Maas