RESOLUSIKU UNTUK MEMBACA BUKU DI TAHUN 2018


Salam penjelajah buku,....

Mengawali hari ini sangat menyenangkan dan juga melelahkan. Bagaimana tidak, jika di tahun 2017 aku hanya sedikit untuk menghabiskan waktuku untuk membaca buku. Prioritas mengikuti kuliah malam dan bekerja di pagi hari membuatku sulit untuk membaca buku banyak di tahun 2017 yang lalu.

Satu buku hanya sanggup aku habiskan dalam waktu seminggu jika di hitung dari halaman buku antara 400 - 600 halaman per buku. Paling cepat hanya menghabiskan waktu 4 hari. Kalau tidak ada kerjaan bisa habis dalam waktu 1-2 hari. 

Intinya, inginnya sih membaca buku pada saat waktu santai bukan mengebut. Namun, yang membuatku kesulitan adalah sedikitnya review yang aku buat di blog ini dikarenakan aku lebih suka membeli buku terbitan lama yang sudah banyak di review orang. Padahal kalau membuat review buku, bukunya harus yang baru diterbitkan, bukan.

Alasan utama kenapa membeli buku yang sudah terbit tahun lalu dikarenakan karena belum baca. Maklumlah, saya masih awam dalam mengoleksi buku sehingga kalau membeli buku - buku terbitan baru, saya akan membuat review bukunya. Tetapi, kalau saya membeli buku terbitan lama saya akan membacanya tanpa mereviewnya.

Punya koleksi buku rasanya luar biasa. Namun, kalau dinilai dari pengeluaran untuk membeli buku menurut saya tidak terlalu boros - boros amat. Karena saya lebih sering membeli buku secara online ( karena harganya murah ) jadinya lebih hemat dibandingkan dengan membeli buku ditokonya langsung.

Di tahun 2017 yang lalu , buku yang belum saya baca memang tidak terlalu banyak tetapi hal itu merupakan pekerjaan rumah yang harus saya selesaikan. Malu saja, jika saya menyebut diri sendiri sebagai orang yang suka membaca buku. Tetapi, nyatanya hanyalah seorang penimbun buku. Jadi, saya berharap tidak akan seperti itu lagi di tahun ini.

Tetapi, saya sangat bersyukur di tahun 2017 yang lalu saya membaca buku yang benar - benar bagus walaupun ada juga beberapa buku yang sangat menyesal saya beli ( lebih banyak buku dengan genre romance). Namun, ketika membeli buku fantasi berseri saya mesti membeli satu persatu karena mahalnya buku tersebut tetapi Puji Tuhan lengkap juga koleksi saya.

Sehingga, dengan perjuangan saya yang seperti itu sayang sekali jika saya harus menjual lagi buku saya. Selain membaca buku saya ingin mengoleksi buku tersebut karena menurut pendapat saya, buku tersebut tidak akan mungkin diterbitkan lagi bukunya kalau diterbitkan lagi mungkin butuh waktu bertahun - tahun. Jadi, sayang sekali bukan.

Di tahun 2018, ini juga saya sibuk menyusun skripsi( semoga bisa cepat selesai ). Sehingga, terkadang buntu juga ketika memaksa untuk membaca buku. Soalnya, saya tipe yang kalau membaca buku memang benar - benar harus fresh otaknya.

Kalau mau memaksakan untuk melakukan semua resolusi membaca buku rasanya saya tidak mau memaksakan diri. Saya ingin membeli buku yang saya suka tanpa terbebani dengan membuat review buku dan juga saya ingin membeli buku yang saya sukai dan dengan genre buku yang saya sukai juga. Sehingga kegiatan yang saya lakukan bukan kegiatan yang terpaksa saya lakukan.

Dan inilah resolusiku untuk membaca buku di tahun 2018, yaitu :

  1. Membeli buku yang di sukai dengan budget Rp 300.000,- per bulan.
  2. Membeli buku harus memperhatikan genrenya dan mengecek isi ceritanya jadi buku yang telah dibeli bakalan di baca.
  3. Setiap buku yang di beli harus di baca semuanya tidak boleh tidak.
  4. Membuat blog review berdasarkan dengan buku yang di sukai bukan karena keinginan pasar.
  5. Menjadi diri sendiri tanpa terpengaruh pendapat orang lain apalagi kalau mengenai masalah buku dan isi ceritanya.
  6. Bisa menahan diri untuk tidak membeli buku di luar budget dan memprioritaskan buku itu bukan hanya sekedar ingin punya tetapi memang bukunya harus dibaca.
  7. Berhati - hati agar tidak menyesal membeli buku.
  8. Buku yang dibeli jangan di jual lagi.
  9. Punya keinginan ingin punya rak buku yang lebih besar agar dapat menampung banyak buku.
  10. Review buku harus berisi pendapat yang sejujur mungkin sehingga tidak akan menyesatkan pembaca atau yang ingin membeli buku. 
Sekian dulu, resolusiku untuk membaca buku di tahun 2018 ini. Semoga point di atas semuanya tercapai.









Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Buku The Trials Of Apollo# I, The Hidden Oracle Karya Rick Riordan

Review Buku Salt To The Sea Karya Ruta Sepetys

Review Buku A Court Of Thorns And Roses By Sarah J. Maas